Home » , » Pilih tower triangle atau pipa besi

Pilih tower triangle atau pipa besi

Dalam pemasangan instalasi RT RWNET maka pemilihan jenis tiang untuk menempatkan antena dan radio merupakan hal yang sangat penting. dalam memilih tiang untuk RT RW NET kita membutuhkan beberapa referensi, diantaranya lokasi pinggir pantai atau di dataran tinggi atau bahkan di dataran rendah sekalipun. tentunya dari beberapa referensi tersebut sangat berpengaruh dalam kita memilih tiang antena.
referensi lain yaitu tujuan dari antena yang akan kita dirikan akan dijadikan sebagai client atau sebagai server hotspot. kalau hanya digunakan sebagai client maka bisa kita pertimbangkan memilih tiang pipa besi. akan tetapi dengan catatan antena yang kita gunakan sebagai client tidak terlalu tinggi. sebab tiang besi memang didesain untuk skala ketinggian yang rendah. karena selain keamanan, keselamatan sang pemanjatpun dipertaruhkan.
akan tetapi jika antena yang akan kita gunakan adalah antena sebagai server maka dianjurkan untuk memilih tower triangle sebagai penopangnya. tower triangle mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan tiang pipa besi. berikut kelebihan dan kekurangan tower triangle
1. lebih kuat menahan beban dan bisa didirikan dengan tinggi tanpa mengabaikan faktor keamanan, karena lebih kuat menahan beban maka antena yang bisa dipasang pada tower triangle bisa lebih banyak daripada dengan hanya menggunakan pipa besi sebagai tiang. kita bisa memasang antena sektoral, omni directional, grid serta radio radionya.
2. perawatan yang mudah, karena tower triangle didesain untuk mudah dalam pemanjatan maka perawanan untuk pengencangan baut, pengecekan besi, dan pengecatan akan sangat mudah dilakukan. dengan ini maka tower triangle juga bisa dipakai di area pinggir pantai dengan catatan perawatan tower dilakukan secara rutin.
untuk kelemahan tower triangle yaitu harganya yang mahal, dan biaya perawatan yang tidak murah.
dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan pipa besi sebagai penyangga antena grid atau radio.
1. kelebihan pertama dari pipa besi yaitu ekonomis, harga yang murah. cocok untuk daerah yang tidak terlalu sering kena bencana angin kencang. bisa juga dipakai di dataran tinggi sebagai penyangga antena client.
2. kekurangannya hanya bisa digunakan untuk beban ringan seperti antena dan radio saja. kalau untuk digunakan sebagai penyangga banyak antena maka tentu antena ini tidak akan kuat, sehingga tidak aman.
3. kekurangan selanjutnya yaitu mudah goyang, meskipun sudah dilengkapi dengan seling spanner maka sangat dimungkinkan untuk pipa besi ini bergoyang ketika ditiup angin kencang. dibandingkan dengan tower triangle yang lebih rigid.
mungkin itu saja referensi untuk pemilihan tower triangle atau pipa besi sebagai penyangga antena grid 

0 komentar:

Post a Comment