Home » , , » Bahaya mendirikan tower triangle di dekat tower sutet

Bahaya mendirikan tower triangle di dekat tower sutet

Teknologi komunikasi pada saat ini berkembang sangat cepat sekali. sebagian besar teknologi komunikasi yang berkembang pada saat ini membutuhkan antena sebagai pemancar atau penerimanya. contohnya rt rwnet tower radio dan alat komunikasi lainnya. bagi temen temen yang hendak mendirikan tower triangle untuk rt re net atau tower pemancar radio tentunya tidak akan menjadi masalah apa bila jauh dari sutet.
bagaimana jika kita akan membangun tower triangle atau tower lainnya di bawah kabel sutet? 
sutet adalah singkatan dari saluran udara tegangan ekstra tinggi. listrik yang dialirkan mencapai 500kv dan sangat berdampak terhadap manusia, terutama radiasi bagi kesehatan. seperti yang kita ketahui listrik mengalir karena ada beda potensial. pada tower sutet antara kabel dengan tiang sutet diberi isolator untuk memisahkan beda potensial antara kabel sutet dengan massa bumi. dan jarak aman kabel dengan tanah yaitu kurang lebih 30 meter.
 jika kita ingin mendirikan tower triangle di bawah kabel sutet maka kita akan mengurangi jarak aman yaitu 30 meter dari tanah. misalnya kita membangun sebuah tower triangle untuk rt rwnet setinggi 25 meter. akibatnya jarak kabel sutet dengan pembumian menjadi lebih pndek, dan arus listrik yang bertegangan tinggi tersebut bisa langsung menyambar tower kita jika jarak aman sudah tidak lagi terpenuhi. apa lagi jika hujan tiba hal itu akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya.
akibat memasang tower triangle di bawah sutet
1. rusaknya radio komunikasi yang disebabkan karena ter aliri arus listrik tegangan tinggi dan terkena radiasi.
2. sangat tidak aman bagi pemanjat tower atau penduduk yang berada di sekitar tempat terseebut.
3.kalau bisa pun mungkin radio komunikasi akan ter inteverensi oleh sutet sehingga komunikasi data akan berjalan tidak baik
jika temen temen hendak memasang tower triangle di bawah sutet maka urungkanlah saja niat itu. sebaiknya mencari tempat yang lebih aman untuk membuat usaha rt rwnet.
 

0 komentar:

Post a Comment